logo

Pembaruan terakhir: Rabu, 08 Mei 2024

Marhaban ya Ramadhan " Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PN Pangkajene 1439 H "

Marhaban Ya Ramadhan 1439 H ,, pada hari Kamis tanggal 31 Mei 2018 Keluarga Besar Pengadilan Negeri Pangkajene mengadakan buka puasa bersama. Buka puasa bersama tersebut diikuti oleh Hakim dan  Pegawai Pengadilan Negeri Pangkajene, ibu-ibu dharmayukti karini dan anak-anak dari keluarga besar Pengadilan Negeri Pangkajene . Acara tersebut selain buka bersama juga dimaksudkan untuk lebih mempererat  tali silaturahmi antar keluarga besar pengadilan Negeri  Pangkajene.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene, Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH. MH.   Setelah itu dilanjutkan dengan Tausiyah kemudian dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat maghrib bersama.

Jika kita kutip dari berbagai referensi, banyak menyebutkan manfaat dari berbuka puasa bersama, diantaranya:
1.Melaksanakan anjuran Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi: “Barangsiapa memberikan hidangan berbuka puasa bagi yang berpuasa, maka baginya seperti pahala yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang berpuasa” 
2.Menghidupkan bulan Ramadhan dengan amal–amal shalih
3.Menghidupkan sifat kedermawanan di bulan Ramadhan
4.Mempererat tali Ukhuwwah Islamiyyah di antara kaum muslimin dan masih banyak lagi manfaat dari berbuka bersama ini.

Semoga amal ibadah puasa kita selama Bulan Suci Ramadhan 1439 H ini diterima oleh Allah Subhanahu waTaáala dan semoga kedermawanan ini tidak hanya sebatas di bulan suci semata. Aamiin.

 

Kunjungan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Dalam Rangka Audit Kinerja dan Integritas

Sesuai Surat Tugas Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Nomor:285/BP/ST/V/2018 tanggal 18 Mei 2018, Tim Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI yang terdiri dari Ketua Tim BpkH. Makmun Masduki yakni Hakim Tinggi Pengawas pada Bawas Mahkamah Agung RI sekaligus Ketua Tim, anggota Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, Hakim Tinggi Pengawas pada Bawas MARI, dengan Sekretaris Ibu Iva Fairouz Afrinadya Kasubbag. Umum Kepegawaian Bawas MARI, serta Bapak Hendra Basry sebagai Auditor Pemeriksa Bawas MARI,dan Bapak Ridwan AR Fungsional Umum BAWAS MARI sebagai Staf Pemeriksa telah melaksanakan audit kinerja dan penilaian integritas di Pengadilan Negeri Pangkajene sejak tanggal 22 s/d 25 Mei 2018.

Bahwa salah satu fungsi Unit Pengawasan pada Mahkamah Agung RI adalah melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Manajemen Peradilan, diantaranya bidang pengaturan dan pengurusan masalah organisasi, administarsi dan finansial badan peradilan dibawah Mahkamah Agung RI. Untuk menjaga tertib administrasi peradilan yang baik dan benar diperlukan audit kinerja dan penilaian integritas, demikian bunyi pertimbangan Surat Tugas dari Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, yang mana tembusannya di sampaikan kepada Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene.


Dalam pelaksanaan audit kinerja dan penilaian integritas yang dilaksanakan oleh Tim audit Bawas Mahkamah Agung RI tersebut, terdapat 6 bidang yang diperiksa, meliputi:

Bidang Administarsi Peradilan
Bidang Penanganan Pengaduan
Bantuan Hukum
Keterbukaan Informasi
Bidang Administarsi umum
Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani 

Pada pelaksanaan audit kinerja dan penilaian integritas di Pengadilan Negeri Pangkajene, Tim telah mengadakan pemeriksaan langsung pada masing-masing bidang serta mengadakan wawancara mulai dari para Pejabat, Staf serta tenaga Honorer, selain itu Tim audit juga melakukan wawancara dengan pihak-pihak eksternal yakni pencari keadilan di Pengadilan Negeri Pangkajene

 

Peringatan Hari Kartini ke 139 Dharmayukti Karini Cabang Pangkajene

Pangkajene, 20 April 2018 Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2018, Dharmayukti Karini Cabang Pangkajene mengadakan acara penyuluhan deteksi dini dan pencegahan kanker serviks oleh narasumber dr. Hj. Nurliah Sanusi, MM, kegiatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan Dharmayukti Karini Cabang Pangkajene yang sehat dan mengingat perjuangan R. A. Kartini dalam memperjuangkan nasib perempuan agar mendapat kesetaraan terkait gender.

Kesetaraan gender adalah pembagian peran kedudukan dan tugas antara laki-laki dan perempuan secara setara tanpa ada pembedaan. Hal inilah yang tidak ada pada masa lalu ketika perempuan tidak dibolehkan atau memiliki tugas yang sama seperti laki-laki. Terdapat pembagian kelas antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki sebagai kelas satu dan perempuan dijadikan kelas kedua.

Perjuangan R.A. Kartini menjadi salah satu tonggak utama dalam perjuangan kesetaraan gender di Indonesia. Tanpa adanya perjuangan dari R.A. Kartini  bukan tidak mungkin kaum perempuan akan terus menjadi kelas kedua di Indonesia sampai saat ini. Maka wajar jika perjuangan ini di peringati dan terus dikenang oleh bangsa Indonesia. 

Adapun acara selanjutnya Dharmayukti Karini cabang Pangkajene juga mengadakan tabur buka ke makam pahlawan kabupaten Pangkep agar kiranya bertujuan mengingat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan NKRI selama masa penjajahan, para rombongan melanjutkan pendeteksian dini kanker serviks oleh seluruh anggota Dharmayukti Karini Cabang Pangkajene di Puskesmas Labakkang

 

Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke 110

Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH., MH memimpin Upacara Kebangkitan Nasional yang di adakan pada Hari Senin tanggal 21 Mei 2018 di halaman Pengadilan Negeri Pangkajene dan diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Pangkajene

Dalam upacara ini, Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene menyampaikan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan bertemakan “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasioanal Indonesia di Era Digital”

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional perlu dimaknai dengan upaya upaya penyadaran setiap masyarakat indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkat secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan indonesia.

 

Audit Surveillance TAPM Pengadilan Negeri Pangkajene

Pangkajene, Pada hari Kamis 5 April 2018 bertempat di lingkungan kantor Pengadilan Negeri Pangkajene telah dilaksanakan Audit Eksternal Surveillance Pengadilan Tinggi Makassar terhadap kinerja pada Pengadilan Negeri Pangkajene, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kinerja pada Pengadilan Negeri Pangkajene dan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM).

Kegiatan dimulai dengan “Opening meeting” atau Rapat Pembukaan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama, tim audit yang dipimpin oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Makassar Bapak  SIRANDE PALAYUKAN, S.H., M.Hum. Dan Bapak H. BUDI SUSILO, S.H., M.H. serta MURSYID SALEH, S.E. sebagai anggota, didalam opening meeting ketua tim menyampaikan mekanisme dan tujuan audit eksternal tersebut. Objek Audit melipuiti 7 (tujuh) kriteria yaitu :

Leadership / Kepemimpinan ( 4 Pilar Lembaga Peradilan)
Fokus Pelanggan
Manajemen Prosedur (SOP Dsb)
Strategy Planning / Strategi Perencanaan
Manajemen Sumber Daya Manusia
Document Systems / Sistem Dokumen
Pelayanan Publik

Audit dilaksanakan mulai dari wawancara kepada jajaran pimpinan Pengadilan Negeri Pangkajene untuk Audit 4 (empat) Pilar Unsur Pimpinan Lembaga Peradilan yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris sekaligus dilaksanakan dengan pemeriksaan dokumen-dokumen pendukung.

Setelah audit pimpinan lalu kegiatan audit dilaksanakan pada seluruh Kepaniteraan dan Sub Bagian pada Pengadilan Negeri Pangkajene. Tim audit melaksanakan audit tersebut dengan metode interview dan observasi langsung pada tiap bagian. Setelah audit dilaksanakan kemudian seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan negeri Pangkajene berkumpul di ruang sidang Utama untuk menerima penyampaian hasil audit dan “Closing Meeting”/ Rapat Penutupan Audit Eksternal tersebut.